.

Berita Terbaru

Berita dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

GERAK CEPAT PETUGAS DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN DI TN BUKIT BARISAN SELATAN

GERAK CEPAT PETUGAS DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN DI TN BUKIT BARISAN SELATAN

Terjadi kebakaran hutan di kawasan TNBBS Pada tanggal 09 Maret 2017 sekitar pukul 17.30 WIB berdasarkan informasi masyarakat. Kebakaran hutan di ini terjadi di  wilayah Resort Suoh sekitar danau asam Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kab. Lampung Barat pada koordinat X= 0419506 , Y=9420504.

Kepala  Seksi PTN Wilayah III Krui ,Petugas resort suoh , MMP, MPA bersama dengan masyarakat sebanyak 18 (delapan belas) orang menuju ke areal kebakaran dengan menggunakan alat Jet Shooter dan gepyok berusaha memadamkan api dan mencegah kebakaran meluas. Areal kebakaran yang dominan ilalang serta angin yang kencang membuat api mudah untuk menyebar dan menyulitkan petugas dalam upaya pemadaman. Api berhasil dipadamkan pada pukul 00.30 WIB

Pada tanggal 10 Maret 2017 petugas kembali ke areal kebakaran hutan untuk memastikan tidak terjadi kebakaran lagi dan melakukaan pengukuran areal yang terbakar serta melakukan penyelidikan mencari faktor yang mengakibatkan kebakaran. Sampai saat ini, pengukuran dan penyelidikan di areal bekas kebakaran masih dilakukan, sehingga kepastian luas areal yang terbakar belum dapat ditentukan. Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan. Mengingat lokasi kebakaran tersebut adalah sumber panas bumi, maka diperkirakan penyebab kebakaran adalah faktor alam berupa letupan panas bumi dan cuaca panas di lokasi tersebut.

Actions: E-mail | Permalink |

Post Rating