.

Berita Terbaru

Berita dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Memberdayakan Masyarakat Penyangga TNBBS Melalui Peningkatan Kapasitas dan Pelestarian Budaya Lokal

Memberdayakan Masyarakat Penyangga TNBBS Melalui Peningkatan Kapasitas dan Pelestarian Budaya Lokal

Photo

Balai Besar TNBBS menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok  Masyarakat Desa Konservasi TNBBS selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada Rabu, 16 September 2015 sampai dengan Jum’at, 18 September 2015 di Kantor Balai Besar TNBBS. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok masyarakat desa konservasi. Materi yang disampaikan diantaranya : 1) Kebijakan Pengelolaan Taman Nasional dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan;  2) Pemanfaatan Jasa Lingkungan oleh masyarakat di kawasan TNBBS dari BBTNBBS; 3) Pembinaan Kelembagaan Kelompok dari Bakorluh Provinsi Lampung; 4) Teknik budidaya dan pengembangan produksi ternak dari Dinas Peternakan Kab. Tanggamus; 5) Teknik Pembibitan tanaman melalui Media Semai Ceta (MSC) dari Balai Pengelolaan DAS WSS Lampung; serta 6) Teknik pembuatan pupuk kompos dari YAPEKA.


Photo

Asisten III Pemkab Tanggamus dr. Nur Indrati, M.Kes bersama peserta pelatihan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat desa konservasi TNBBS dan pengurus sanggar seni penerima bantuan

Perhatian Balai Besar TNBBS dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar hutan tidak hanya terfokus pada peningkatan ekonomi alternatif tetapi juga pada pelestarian budaya lokal. Pada acara penutupan pelatihan, Balai Besar TNBBS menyerahkan bantuan peralatan untuk Sanggar Seni Angon Saka Pekon Sukaraja Kecamatan Semaka dan Sanggar Seni Bulan Bakha Pekon Kedamaian Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus. Bantuan diserahkan oleh Asisten III Pemerintah Kabupaten Tanggamus dr. Nur Indrawati, M.Kes mewakili Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST.

Turut hadir dalam acara penyerahan tersebut diantaranya Kepala Bagian Tata Usaha BBTNBBS Ir. Maryanto, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan BBTNBBS Jonfa Alhudri, STP., M.Si, Kepala Subbag Data, Evaluasi, Pelaporan, dan Humas BBTNBBS Drs. Patris, perwakilan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Marhasan Samba, Staf Balai Besar TNBBS serta peserta pelatihan. Sebelum acara penyerahan bantuan, Sanggar Seni Bulan Bakha menampilkan Tari Sembah dan dilanjutkan dengan aksi pencak silat Lampung dari Sanggar Seni Angon Saka.

 

Asisten III Pemkab Tanggamus dr. Nur Indrati, M.Kes didampingi Kepala Bagian Tata Usaha BBTNBBS Ir. Maryanto, menyerahkan bantuan kepada

 Sanggar Seni Angon Saka dan Sanggar Seni Bulan Bakha

 

 

 

Menurut dr. Nur Indrawati, M.Kes, Pemkab Tanggamus mengapresiasi atas kepedulian Balai Besar TNBBS dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar hutan serta merespon positif atas pemberian bantuan tersebut. “Ini merupakan wujud kepedulian BBTNBBS dalam rangka pembangunan di bidang seni dan budaya bagi masyarakat Tanggamus. Pemkab Tanggamus memberikan apresiasi kepada Balai Besar TNBBS yang terus berupaya memberdayakan masyarakat penyangga TNBBS khususnya di Kabupaten Tanggamus” tuturnya. Beliau juga menghimbau peserta pelatihan untuk menjaga kawasan TNBBS serta berpesan kepada sanggar seni penerima bantuan diharapkan bisa memanfaatkannya dengan baik guna melestarikan seni budaya daerah dan TNBBS. “Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian TNBBS sebagai situs warisan alam dunia” imbuhnya.

Actions: E-mail | Permalink |

Post Rating